Thursday 5 October 2017

Ada 8 Syarat Tanaman Jagung Bisa Tumbuh

Jagung adalah tanaman yang sangat familier di kalangan kita, mungkin tidak ada yang tidak kenal dengan tanaman ini. Sepertinya tanaman jagung bisa tumbuh di seluruh daratan Indonesia. Namun apakah semua wilayah Indonesia ini potensial ditanami jagung? Beberapa sumber mengatakan bahwa jagung tidak bisa tumbuh di lahan kering dan kekurangan air. Secara umum jagung tidak memerlukan sayarat yang terlalu rumit untuk menanamnya.
Ada beberapa syarat untuk menanam jagung  agar hasilnya bisa maksimal yaitu diantaranya :
-    Iklim yang cocok untuk tanaman ini adalah pada daerah sub tropis, yaitu antara 0 – 50 derajat Lintang Utara sampai 0 – 40 derajat Lintang Selatan.
-    Membutuhkan curah hujan yang bagi lahan yang tidak beririgasi yaitu rata-rata antara 85 – 200 mm/bulan.
-    Suhu yang ideal bagi tanaman jagung adalah berkisar 21 sampai dengan 34 derajat Celcius. Ini cocok untuk daerah Sulawesi Tenggara dan sekitarnya.
-    Untuk pertumbuhan, membutuhkan sinar matahari yang cukup. Karena jika tanaman ini ternaungi,pertumbuhannya akan terhambat, yang bisa mengakibatkan kerdilnya pertumbuhan buah.
-    Agar dapat hasil yang maksimal, tanah harus gembur, subur dan kaya akan humus.
-    Keasaman tanah (ph) berkisar antara 5.6 sampai dengan 7.5
-    Kemiringan tanah diusahakan kurang dari 8%, karena menghindari erosi tanah. Dan jika kemiringan tanah melebihi 8% sebaiknya menggunakan system terasering.
-    Tanaman jagung bisa tumbuh pada ketinggian antara 1000 sampai dengan 1800 meter dari permukaan laut.
Itulah beberapa syarat yang perlu diperhatikan untuk menanam jagung. Kalau dilihat sepintas, Daratan di seluruh Indonesia telah memenuhi syarat untuk penanaman jagung. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan lahan kosong anda dan segeralah untuk menanam jagung.

No comments:

Post a Comment

Hadapi Kemarau Gempita Sultra Bahu Membahu

Musim kemarau kita tahu hawanya sangat panas. Bukan hanya hawanya… tapi memang panas segalanya, saking panasnya seakan matahari berada 1 ...